1105 : ANTARA AHLI ILMU DAN AHLI IBADAH

PERTANYAAN

Assalamu'alaikum

Sedulur huda...
Orang yg banyak ibadahnya(ahli ibadah) ,dengan orang yg banyak ilmunya itu AFDHAL mana ?


JAWABAN

Mukhammad Yusuf Ismawan

wa'laikum salam

 قال صلى الله عليه وسلم في تفضيل العلم على العبادة والشّهادة " فضل العلم على العابد كفضلى على أدنى رجل من أصحابى"
Rosulullah Saw bersabda tentang keutamaan ahli ilmu atas ahli ibadah dan syuhada’ :” Keutamaan ahli ilmu atas ahli ibadah adalah seperti keutamaanku atas orang yang paling rendah di antara umatku.وقال صلّى الله عليه وسلّم " فضل العالم على العابد كفضل القمر ليلة البدر على ساءر الكواكب" referensi kitab "Adabul 'Alim wal muta'alim-Minhajul Abidin-ihya' ulumuddin"


Cikong Mesigit

 ikut nimbrung>> رقم الحديث: 8 (حديث مرفوع) أَخْبَرَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ أَحْمَدُ بْنُ مُوسَى بْنِ زَنْجَوَيْهِ الْقَطَّانُ ، أَخْبَرَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ الدِّمَشْقِيُّ ، أَخْبَرَنَا حَفْصُ بْنُ عَمْرٍو ، عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَطَاءٍ ، عَنْ أَبِيهِ ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، يَقُولُ : " فَضْلُ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ ، وَإِنَّ الْعُلَمَاءَ هُمْ وَرَثَةُ الأَنْبِيَاءِ ، إِنَّ الأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلا دِرْهَمًا وَلَكِنَّهُمْ وَرَّثُوا الْعِلْمَ ، فَمَنْ أَخَذَهُ فَقَدْ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ " .


Ibnu Hasyim Alwi

 Antara orang ALIM dan orang yang AHLI IBADAH :
lebih mulia orang alim sekalipun ia fasiq di bandingkan dengan orang yang ahli ibadah namun ia jahil (bodoh)
(وحكي) أن بعض الناس اختلف في شرف العالم الفاسق وشرف الجاهل العابد، فخرج أحدمنهم، وذهب إلى صومعة
العابد الجاهل فقال: يا عبدي قبلت دعوتك، وغفرت لك ذنبك، فاترك العبادة واسترح. فقال العابد: إلهي إني أرجو منك هذا، وإني أحمدك وأشكرك وأعبدك من زمان كذا، فصار مخطئاً وكافراً بجهلهه، ثم ذهب أحد منهمإلى العالم الفاسق، فإذا هو يشرب الخمر فقال: يا عبدي اتق مني وأنا ربك أستر ذنبك وأنت لا تستحي مني، فإني أريد أهلكك، فسل العالم الفاسق سيفه، وخرج من مكانهفقال: يا ملعون أنت لا تعلم ربك، فإني أعلمك ربك الآن ففر ذلك القائل، فعلم بذلك شرف العلم وأهله.
)راقى العبودية شرح محمدنووى الجاوى على متن بداية الهداية
Dikisahkan, bahwasannya sebagian orang berselisih pendapat didalam masalah kemulian orang alim yang fasiq dan kemulian orang bodoh yang ahli ibadah.
maka salah seorang dari yang berselisih itu pergi ketempat ibadahnya seorang ahli ibadah yang jahil dan berkata:'' Wahai Hambaku, Aku telah mengabulkan do'amu, dan Aku telah mengampuni dosamu, maka tinggalkanlah ibadah dan beristirahatlah.
ahli ibadah yang jahil tadi menjawab :''Wahai Tuhanku sesungguhnya aku mengharapkan darimu hal ini(pembebasan dari ibadah) dan aku telah memujimu dan menyembahmu dan bersyukur kepadamu dari zaman dulu.
maka jadilah ahli ibadah itu jatuh dalam kesalahan dan kekafiran karna kebodohannya.
kemudian, seorang yang lain dari mereka ke orang alim yang fasiq, ternyata orang alim tadi sedang meminum, minuman keras.
lalu orang tadi berkata :''wahai hambaku takutlah kamu dariku, dan aku adalah tuhanmu, aku tutupi dosa-dosamu dan kamu tidak merasa malu kepadaku. sesungguhnya Aku akan memusnahkanmu,
maka orang alim fasiq tadi menghunuskan pedangnya dan keluar dari tempatnya dan berkata kepada orang yang mengaku sebagai tuhan :''Wahai orang yang dilaknat, apakah engkau tidak mengenal tuhanmu ?sesungguhnya aku akan mengenalkanmu kepada tuhanmu sekarang. maka orang yang pura2 menjadi tuhan tadi lari terbirit2 (karna mau di bacok), maka dari sini diketahui kemulian ilmu dan ahli ilmu.
 
link dokumen :  https://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/633169883374420/

Related Posts:

Loading...
Comments
0 Comments